Monday 30 October 2017

PURANG.

Ditulis oleh: Melky Pantur***, Selasa (31/10/2017).

[Purang diambil Penulis di Laja]

Berdasarkan analisis akar kata, purang terdiri dari dua kata pembentuk, yaitu pur dan rang. Pur artinya meniup, mengangin-anginkan sedangkan rang artinya gatal. Dengan demikian, purang artinya mengusir gatal, yah dari dalam tubuh atau dari kulit meski berkonteks. Purang adalah sebutan orang Manggarai untuk kubangan (kerbau). Sesuai dengan namanya, purang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama pur rang.

Mengapa purang berperan sebagai medium pur rang?

Pertama, anti petir. 

Salah satu cara menyelamatkan diri ketika disambar petir adalah mencebur diri dalam kubangan (kerbau, badak, dll). Itu adalah salah satu cara terbaik. 

Kedua, anti krenda.

Dalam permainan caci, larik atau pecut bahkan di-krenda (di guna-guna) agar sasaran yang terkena pecut kerap merasa gatal atau sulit sekali untuk disembuhkan. Larik bahan dasarnya adalah kulit kerbau. Nah, ketika reu atau luka akibat terkena larik yang susah sekali disembuhkan cukup menceburkan diri saja ke kubangan kerbau.

Sebagai tambahan, nama purang ini juga memiliki nama kampungnya di Purang sebelum masuk Nanu, Kecamatan Rahong Utara.

[Wangkung]

Anda tahu apa arti lain dari wangkung? Wangkung adalah sebuah ekspresi penyesalan. Mengapa? Wangkung terdiri dari dua kata, yaitu wang dan kung. Wang artinya ah coba kalau, sedangkan kung artinya bunyi yang besar, memukul di kepala dan sebagainya. Wang hampir sama dengan lang. Lang di sini bukan berarti kelihatan (sesuatu) karena pakaian yang larong (transparan atau tembus pandang) tetapi lang yang sinonimnya wang. Contoh kalimat: Lang aku ca ngo ge, wang aku ca ngo ge - Ah, coba kalau aku satu yang pergi tadi! Dengan begitu, wangkung sebagai ekpresi penyesalan berarti ah coba kalau saya pukul dia hingga bunyinya besar, ah coba kalau saya pukul dia! 

Dua manfaat wangkung bagi kehidupan, antara lain:

Pertama, anti petir.

Wangkung adalah sejenis tetumbuhan bunga ciling de pasat -anti petir. Lazimnya, daunnya dikeringkan lalu ditaruh di bubungan rumah, diselipkan di keranjang (roto) atau diselipkan di jongkong re'a (topi orang Manggarai yang terbuat dari pandan). Akar wangkung pun bermanfaat bagi kesehatan.

Kedua, kekuasaan.

Wangkung sebagai simbol kekuasaan. Pada masa lampau, bunga itu dijadikan sebagai sarana penobatan seorang Tu'a atau Kepala Suku, Raja pada masa lampau. Di Wangkung dekat Cumbi, Kecamatan Ruteng dijadikan tetumbuhan suci untuk penobatan. Dikenal dengan wela wangkung - flowers of wangkung.

Selain sebagai bunga, wangkung juga ada nama kampungnya baik di Wangkung - Ruteng maupun Wangkung - Reo.

Info tambahan akan disusul.

No comments:

Post a Comment