Wednesday 25 October 2017

WASE LINCOR.

Ditulis oleh: Melky Pantur***,
Rabu 25 Oktober 2017.


Anda tahu apa itu wase lincorWase artinya tali, sedangkan lincor adalah tetumbuhan merambat yang kerap digunakan untuk mengikat kayu. Dari sisi besarnya, tidak dibandingkan dengan wase konggang di kayu-kayu besar. Dalam permainan caci ala Manggarai, uji nyali diukur dengan menggunakan wase lincor. Kemampuan wase lincor untuk menakutkan amat sangat karena sakitnya - ceres-nya melebehi pecut kulit kerbau saat bermain caci. 


Inilah wase lincor sejenis tanaman liar yang merambat yang kerap dijadikan sebagai tali, yang lazim bagus untuk digunakan sebagai pecut/cemeti saat bermain caci anak-anak.


Tetumbuhan merambat yang dikenal sebagai wase lincor ini saya abadikan di Sita, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, dekat jembatan persis tumbuh di tebing pinggir jalan negara Ruteng - Borong. Gambar diambil Penulis, Selasa (13/2/2018).

(Melky Pantur)

Lincor tali yang bersih mulus, kulitnya manis, kinclong dan enak dipandang mata tetapi keelokan tampaknya ketika orang dicemeti dengan tali itu akan lari ketakutan, kulit kerbau sekalipun akan lari terbirit. Bagi orang Manggarai, Flores tahu apa itu wase lincor sejenis tali yang amat popular itu selain wase ajo, wase konggang, wase lintǝp, wase wanger, wase sara, wase koja, wase lantǝng dan wase ntawang. Nah, blog ini dinamakan sebagai wase lincor karena tali itu disegani banyak orang khususnya saat bermain caci.

Nantikan episode berikutnya dari edisi WASE LINCOR.

No comments:

Post a Comment